Melanjutkan posting sebelumnya, kini Blogger Copast ini akan mencoba membahas tentang ke arah teknis proses perhitungan nilai alexa rank. Anda akan tersesat dalam memahami dan membaca posting ini jika belum membaca posting sebelumnya, alexa rank dan komponen nilai alexa rank.
Keduanya kemudian akan dikombinasikan dengan suatu formula dan algoritma tertentu untuk menghilangkan bias dari hasil pengambilan sampel data lewat alexa toolbar dan alexa widget. Bias itu mungkin terjadi akibat :
- ada beberapa website yang diblok nilai alexa-nya, seperti alexa.com, archive.org, amazon.com, dll.
- alexa toolbar tidak bisa dipasang pada semua browser dan hanya bekerja pada sistem operasi windows saja.
- pengguna alexa toolbar dipengaruhi demografi atau wilayah, bahasa, dan faktor sejenis lainnya. misalnya pengguna alexa toolbar terbanyak tersebar di kawasan amerika dan korea, jadi kemungkinannya bahwa website-website yang banyak dikunjungi orang amerika dan korea akan mendapatkan nilai alexa tinggi.
- alexa tidak menghitung situs dengan protokol https://
- dll masih banyak lagi....
Lalu nilai mentah alexa rank untuk semua website yang terdaftar di alexa diurutkan dan diranking mulai dari yang paling tinggi dan yang paling rendah. Mulai dari 1, 2, 3, 4, ..., dst hingga alexa rank peringkat kesekian juta.... Ini dinamakan nilai alexa rank harian.
Sementara itu nilai alexa rank yang biasa kita lihat di widget pada sidebar blog adalah hasil three months moving average alias rata-rata bergerak periode tiga bulan kebelakang. Yakni, hasil rata-rata dari nilai alexa rank harian selama tiga bulan terakhir (=90 hari). Contoh: nilai alexa rank hari ini (23-12-2008) adalah rata-rata dari nilai alexa rank harian mulai dari 23 September 2008 sampai 23 Desember 2008.
Jadi artinya jika sebuah website mendapat nilai alexa rank sebesar 40.890 maka ini artinya adalah nilai hasil kombinasi antara alexa reach dengan alexa pageviews website tersebut berada pada peringkat ke 40.890 diantara berjuta website yang telah terdaftar pada database alexa. Semakin sedikit nilai alexa rank kita maka semakin tinggi posisinya serta semakin baik dan bagus website tersebut di mata alexa.
Untuk mendapatkan nilai alexa rank yang optimal, maka disarankan untuk meningkatkan alexa reach yakni dengan cara meningkatkan trafik dan variasi pengunjung unik (unique visitor) dan tak lupa pula meningkatkan pageviews melalui konten-konten yang menarik dan memancing pengunjung untuk melihat lebih dalam dari keseluruhan konten sebuah website.
Sebagai contoh, website yang memiliki alexa reach (trafik) tinggi bisa saja kalah karena memiliki alexa pageviews yang rendah. Sebagai perbandingan yahoo.com vs google.com sebagai peringkat satu dan dua alexa sementara ini.
Yahoo.com
Alexa Reach : 27,15%
Alexa Pageviews: 12,39
Alexa Rank: 1
Google.com
Alexa Reach : 28,15%
Alexa Pageviews : 7,64
Alexa Rank : 2
Saya rasa cukup sekian dulu pembahasan ketiga tentang proses teknis penghitungan nilai alexa rank. Selanjutnya tentang bagaimana tips trik dan cara meningkatkan alexa rank serta anomali dan keanehan alexa rank akan dibahas lebih lanjut di posting berikutnya. Jadi jangan kemana-mana, tetap stay tune di Blogger Copast ini. Hehehe....
Sumber Penulis >>
Posting Komentar